Bunga Kembang Sepatu


Hand Bouquet - Kembang Sepatu adalah bunga yang dianggap oleh Malaysia sebagai bunga nasional mereka. Tanaman ini di Sumatera dan di Malaysia sendiri termasuk dikenal dengan nama Bunga Raya, selagi orang jawa kerap menyebutnya dengan Kembang Worawari.

Tanaman Kembang Sepatu ini termasuk di dalam tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur. Habitatnya di area tropis dan subtropis. Untuk di area tropis dapat berbunga sepanjang tahun, selagi di area sub tropis berbunga merasa dari musim panas sampai musim gugur.

Secara fisik pohon Kembang Sepatu ini dapat tumbuh raih 2 sampai 5 meter. Dengan daun berupa bulat telur dengan ujung yang meruncing.

Sedangkan bunganya sendiri berupa terompet dengan diameter kira-kira 6 cm sampai 20 cm. Memiliki 5 helai daun kelopak, yang dilindungi kelopak tambahan. Memiliki putik yang menjulur ke luar dari basic bunga. Bunga Kembang Sepatu memiliki warna yang bermacam-macam tidak cuman dari merah terhadap umumnya, termasuk berwarna kuning dan putih. Meski memiliki bunga, tanaman Kembang Sepatu tidak menghasilkan buah. Karena itu untuk tehnik penanaman yang efektif adalah dengan cangkok, stek atau tempel.

Selain sebagai tanaman hias, Kembang Sepatu termasuk biasa dimanfaatkan sebagai pewarna buatan untuk makanan. Di Indonesia sendiri umumnya daun dan bunga Kembang Sepatu biasa di memanfaatkan sebagai bahan penyembuhan tradisional. Sementara di jepang, biasa digunakan sebagai tanaman pagar atau tanaman untuk di pemakaman, dikarenakan dipercaya cukup keramat.

0 Response to "Bunga Kembang Sepatu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel