Provinsi Sulawesi Barat


Berita Sulbar - Provinsi Sulawesi Barat adalah provinsi hasil pemekaran dari provinsi Sulawesi Selatan. Pembentukan Provinsi Sulawesi Barat udah diperjuangkan sejak th. 1960. Pada masa itu pulau Sulawesi terdapat 3 (tiga) Provinsi yakni Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah dan Provinsi Sulawesi Utara. Namun, pada th. 1963 Pemekaran Provinsi di pulau Sulawesi oleh pemerintah pusat adalah pembentukan Provinsi Sulawesi Tenggara. Usulan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat tidak disetujui Pemerintah Pusat.

Perjuangan pembentukan Provinsi Sulawesi Barat lagi menemukan momentumnya pada th. 1999 pasca gerakan reformasi. Pembentukan Provinsi Baru di Indonesia layaknya Terbentuknya Provinsi Banten, Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Gorontalo menjadi stimulus gerakan perjuangan pembentukan provinsi Sulawesi Barat. Perjuangan panjang pembentukan Provinsi Sulawesi Barat pada akhirnya terwujud melalui upaya massif rakyat Mandar bersama dapat dukungan oleh Anggota DPR RI melalui usulan Hak Inisiatif Anggota DPR RI perihal Undang-Undang Pembentukan Daerah Otonom Baru. Tanggal 5 Oktober 2004 Provinsi Sulawesi Barat Resmi terbentuk berdasarkan UU No. 26 Tahun 2004.

Ibukotanya ialah Mamuju. Luas wilayahnya kira-kira 16,796.19 km². Suku-suku yang ada di provinsi ini terdiri dari Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan suku lainnya (19,15%).

Sumber Kekayaan Alam
Sulawesi Barat dikenal punya banyak objek lokasi wisata. Selain kakao, daerah ini juga penghasil kopi robusta ataupun kopi arabika, kelapa dan cengkeh. Di sektor pertambangan terdapat kadar emas, batubara dan minyak bumi.

Masa penjajahan
Pada masa penjajahan, lokasi Provinsi Sulawesi Barat adalah bagian dari 7 lokasi pemerintahan yang dikenal bersama nama Afdeling Mandar yang meliputi empat onder afdeling, yaitu:
1. Onder Afdeling Majene beribukota Majene;
2. Onder Afdeling Mamuju beribukota Mamuju;
3. Onder Afdeling Polewali beribukota Polewali;
4. Onder Afdeling Mamasa beribukota Mamasa.

Onder Afdeling Majene, Mamuju dan Polewali yang terletak di selama garis pantai barat pulau Sulawesi mencakup 7 lokasi kerajaan (Kesatuan Hukum Adat) yang dikenal bersama nama Pitu Baqbana Binanga (Tujuh Kerajaan di Muara Sungai) yang meliputi:
1. Balanipa di Onder Afdeling Polewali(dipimpin oleh Ambo Caca Daeng Magasing);
2. Binuang di Onder Afdeling Polewali;
3. Sendana di Onder Afdeling Majene;
4. Banggae/Majene di Onder Afdeling Majene;
5. Pamboang di Onder Afdeling Majene;
6. Mamuju di Onder Afdeling Mamuju;
7. Tappalang di Onder Afdeling Mamuju.

0 Response to "Provinsi Sulawesi Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel